Selasa, 07 Juni 2011

HIDUP SEHAT DENGAN AJARAN NABI



Data Buku :
JUDUL         : TIPS HIDUP SEHAT CARA NABI
PENULIS     : ABDURRAHMAN BIN SALIM EL-GHIFARI
PENERBIT  : PUSTAKA MAKNA
TEBAL         : 120 Hal
CETAKAN  : PERTAMA, NOVEMBER 2009
ISBN            : 978-602-95758-0-4 


Hidup sehat memang menjadi keingainan setiap orang. Abdurrahman bin Salim el-Ghifari menulis sebuah buku yang sepatutnya menjadi bahan bacaan bagi umat Islam, agar dapat hidup sehat sesuai dengan ajaran Nabi. Karena sehat merupakan hal yang tidak ternilai harganya. Dalam Agama Islam Rasulullah telah mengajarkan kepada ummatnya bagaimana hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

Dalam sejarah, berbagai riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah sangat jarang mengalami sakit, hal ini dikarenakan Rasul selalu mencontohkan pola hidup sehat.  Buku ini banyak mengulas cara-cara yang pernah dianjurkan oleh Rasullah dalam nenjaga kesehatan, pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik, serta pencegahan agar tidak terserang penyakit.

Abdurrahman bin Salim el-Ghifari mencantumkan banyak penelitian-penelitian dalam buku ini, sehingga apa yang kita baca sudah mengalami kebenaran melalui penelitian yang dilakukan. Misalnya Penelitian yang dilakukan oleh Daniel F Kripke. Di Jepang dan AS selama 6 tahun dengan responden berusia 30-120 tahun mengatakan bahwa orang yang biasa tidur lebih dari 8 jam sehari memiliki resiko kematian yang lebih cepat. Sangat berlawanan dengan mereka yang biasa tidur 6-7 jam sehari. Nah, dalam Islam Rasulullah telah menganjurkan dan mencontohkan pada umatnya untuk tidur setelah Isya dan kemudian bangun malam untuk melakukan Sunnah Tahajud. Jadi Rasul dalam sehari tidur tidak lebih dari 8 jam.

Tidak hanya itu, dalam buku ini juga dicantumkan hal yang sangat sepele, bahkan jarang kita perhatikan. Abdurrahman mencantumkan bagaimana Rasulullah mengajarkan posisi tidur yang baik serta sangat bermakna bagi kesehatan.  Seperti yang disampaikan oleh Ibnu Qoyyim “Barang siapa yang memperhatikan pola tidur dan bangun beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proposional dan paling bermanfaat untuk badan, organ, dan kekuatan.”

Tidak hanya tentang berbagai tips untuk hidup sehat yang dicantumkan dalam buku ini. Seperti Bagaimana keadaan tubuh yang baik, posisi tidur, pola makan yang sehat, agar tidak berlebih-lebihan karena Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. Seperti halnya Firman Allah dalam Al-Qur’an “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al-A’raf : 13).

Untuk menjadi sehat tidak hanya menjaga dan memperhatikan pola makan dan tidur saja. Olah raga juga harus sangat diterapkan, dalam buku yang ditulis oleh Abdurrahman bin Salim el-Ghifari ini juga mencantumkan tentang aktifitas olah raga yang diajarkan Nabi. Misalnya berjalan kaki menuju masjid. Karena olah raga tidak mesti dilakukan dengan gerakan-gerakan yang berat, gerakan-gerakan ringan seperti berjalan kaki, jika dilakukan secara rutin dan teratur juga dapat menjadi olahraga yang sangat membantu bagi kesehatan jantung. Maka dari itu, tidak salah jika Rasul menganjurkan pada umatnya untuk berjalan kaki menuju masjid.

Berjalan kaki sangat banyak manfaatnya, selain untuk memperbaiki fungsi jantung, menjaga kesehatan, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah tinggi, juga dapat memperbaiki proses pencernaan makanan.

Dari semua kebaikan dan kesempurnaan buku ini. Namun, kesalahan kacil masih terlihat pada proses editing. Masih adanya kesalahan cetakan pada kata-kata. Misalnya pada halaman 67, kata yang seharusnya “jantung” tercetak dengan kata “jatung”. Pada halaman 72, kata yang dimaksudkan adalah “kilometer” namun tercetak dengan kata “kilameter”. Serta pada halaman 80, kata “layaknya” tercetak dengan kata “laiknya” .
Terlepas dari kesalahan kecil yang ada. Buku ini sangat berguna untuk dipraktekkan semua isi yang terkandung didalamnya. Dan wajib dibaca oleh semua kalangan agar mendapatkan hidup yang indah, sehingga kita dapat menjalani hidup dengan penuh kenikmatan dan keberkahan hidup dengan menjalankan sunnah-sunnah yang diajarkan Rasul. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Nurhidayah, Mahasiswi Universitas Malikussaleh Jurusan Ilmu Komunikasi. Tinggal di Lhokseumawe. 




semoga bermanfaat :-) masih dalam proses belajar.. jika ada yang kurang, mohon sarannya.. ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar